Jamaah Haji Beli Handphone di Arab Saudi, Aktivasi IMEI Saat Kedatangan

 

Balikpapan – Banyaknya jamaah haji yang berbelanja di Arab Saudi usai melaksanakan ibadah haji, membuat Bea Cukai sebagai instansi yang memiliki tugas pemeriksaan pabean atas barang bawaan penumpang ke dan dari luar negeri, memberikan himbauan kepada jamaah haji yang baru datang terkait barang-barang yang diperbolehkan dibawa dan bukan termasuk barang larangan/pembatasan dengan nilai maksimal USD500.

 

Nurcahyo Nugroho, selaku Seksi Kepabeanan Bea Cukai Balikpapan yang betugas pada PPIH Debarkasi Balikpapan, menyampaikan kepada jamaah apabila membeli perangkat Handphone, Smartphone atau Komputer Tablet dari Arab Saudi maka dapat melaksankan registrasi IMEI (International Mobile Equipment Identity)* pada saat kedatangan, hal ini dilakukan agar perangkat dapat diaktivasi serta mendapatkan potongan atau pembebasan bea masuk sebesar 500 US Dollar.

 

Hal tersebut disampaikan saat kedatangan Jamaah Haji pada Kloter 04 BPN asal Provinsi Kalimantan Utara di Aula Penerimaan Asrama Haji Balikpapan, Rabu 12 Juli 2023 pukul 21:30 malam hari. Menurutnya, banyak jamaah yang tidak mengetahui bahwa perangkat yang memiliki IMEI tidak dapat digunakan di tanah air karena belum melakukan registrasi, hal ini disebabkan perangkat tersebut hanya bisa digunakan di negara dimana perangkat tersebut dipasarkan, sehingga perlu registrasi IMEI agar dapat di gunakan di Indonesia.

 

Untuk memberikan layanan registrasi tersebut, PPIH Debarkasi Balikpapan khususnya dari pihak bea cukai telah membuka meja registrasi di Aula Penerimaan dengan menyiapkan personil dan aplikasi online untuk proses registrasi IMEI.

 

Sebagai informasi, jamaah haji Kloter 04 BPN asal Provinsi Kalimantan Utara tiba di Tanah Air, mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan pada hari Rabu, 12 Juli 2023 pukul 20:30 malam hari Waktu Indonesia Tengah, dengan pesawat Garuda Indonesia Nomor Penerbangan GIA-4204.

 

Rombongan tiba di aula penerimaan disambut oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Utara H. Saifi beserta Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Balikpapan dan PPIH Daerah. Rombongan Kloter 4 ini menginap semalam di asrama haji dan akan kembali ke daerah esok harinya (13 Juli 2023) melalui penerbangan domestik. (AZ)

 

Sumber: https://kaltim.kemenag.go.id/berita/read/520622

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *